Minggu, 07 Maret 2010

Kontes Robot dan Roket Air Warnai Harkitnas 2009

Kontes Robot dan Roket Air Warnai Harkitnas 2009

Ditulis oleh Administrator Senin, 25 Mei 2009

SUMENEP - Bupati Sumenep, KH. Moh. Ramdlan Siraj, SE, MM membuka Kontes Robot dan Roket Air, dalam rangka memperingati 101 tahun Hari Kebangkitan Nasional 2009 di halaman Kantor Bupati Senin (25/05).

Bupati mengatakan, seiring dengan kegiatan Kontes Robot dan Roket Air bisa menumbuh kembangkan kreatifitas dan inovasi memanfaatkan informasi teknologi.
Pemerintah Kabupaten Suemenep akan mendukung setiap kegiatan yang dilakukan pelajar dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), dengan harapan, aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi itu tetap dilandasi nilai-nilai agama dan budaya.
”Kreatifitas ini semakin lama semakin berkembang, bahkan ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya, sehingga generasi muda bernar-benar menjadi generasi muda yang tangguh, maju dan mandiri, karena pembangunan Kabupaten Sumenep terletak ditangan pelajar sebagai penerus perjuangan bangsa,” tegasnya.
Bupati menyatakan, yang terpenting kegiatan tersebut tidak menjadi acara yang hanya bersifat seremonial dan rutinitas belaka, namun dapat meningkatkan kreativitas pelajar melalui karya-karya nyata.
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sumenep, Drs. Miftahol Karim, MM menjelaskan, kontes Robot dan Roket Air memperingati 101 tahun Hari Kebangkitan Nasional 2009 merupakan yang kedua kalinya. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Diskominfo dengan Ngadeg Sodek Parjuge (NSP) dan Himpunan Mahasiswa Sumekar (Hamas).
”Kontes ini dilaksanakan dalam upaya membangkitkan dan memupuk rasa cita putera-puteri Sumenep untuk mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat menjadi bagian dari kemajuan informasi,” tuturnya.
Sementara itu, peserta Kontes Robot dan Roket Air ini diikuti oleh 21 lembaga pendidikan, yang terdiri dari 15 lembaga pendidikan tingkat SMA sebanyak 15 lembaga, dan tingkat SMP sebanyak 6 lembaga.

Mendapat Apresiasi Positif

Kegiatan menyambut peringatan 101 tahun Hari Kebangkitan Nasional yang diwanarnai dengan Kontes Robot dan Roket Air mendapat apresiasi postif dari sejumlah guru pembimbing lembaga pendidikan tingkat SMP dan SMA.
Salah satunya, Koordinator Pembimbing SMP Negeri 3 Sumenep, Kusnardi. Menurutnya, dengan kontes tersebut sangat memotivasi dan memberi support pada guru dan siswa untuk mengembangkan karya nyatanya dalam ilmu teknologi.
Karena itu, pihaknya berharap pemerintah Kabupaten Sumenep melanjutkan Kontes Robot dan Roket Air ini setiap tahun, bahkan pihak terkait lebih memperhatikan peserta, dengan memberikan bantuan peralatan dan penghargaan.
”Sebagai perangsang, setidaknya kita juga diberi perhatian dalam bentuk peralatan dan penghargaan bagi juara, sehingga hal itu makin mendorong geliat dan semangat guru dan siswa,” tegasnya.
Secara terpisah, Paniti Pelaksana yang juga Kepala Bidang Aplikasi Telematika Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep, Drs. H. Yayak Nurwahyudi, M.Si menyatakan, pihaknya memang telah mengagendakan Kontes Robot dan Roket Air ini sebagai kegiatan tahunan.
Bahkan, juga merencanakan untuk mengembangkan kontes selanjutnya pada jenis yang lain, sehingga tidak hanya sebatas Kontes Robot dan Roket Air saja. Selain itu, pihaknya berupaya agar juara kontes tersebut bisa mengikuti di tingkat Jawa Timur dan Nasional.
”Kita juga ingin juara yang beprestasi tidak hanya ditingkat Kabupaten saja, tapi mereka bisa menjadi juara di tingkat Jawa Timur dan nasional. Harapannya, bibit muda tersebut kaya pengalaman dan mampu mengharumkan Kabupaten Sumenep,” tegasnya.
H. Yayak Nurwayudi menuturkan, pihaknya juga berencana untuk memberikan tambahan penghargaan bagi juara kontes, sehingga akan semakin menambah semangat dan menigkatkan kretivitas sekolah serta siswa. (Yasik,Esha-News Room)


sumber : http://www.koransuroboyo.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1190:kontes-robot-dan-roket-air-warnai-harkitnas-2009&catid=48:sekolah&Itemid=112

Tidak ada komentar:

Posting Komentar