Minggu, 08 November 2009

LOMBA MERAKIT ROKET AIR DIIKUTI SISWA SMP BANTUL

Lomba Roket Air tingkat SMP
http://farm4.static.flickr.com/3170/2977964401_88a91c23b1.jpg
Oct 28, 2009 at 07:00 AM

SEBANYAK 85 siswa SMP se-Bantul mengikuti Lomba Roket Air tingkat Kabupaten Bantul, di Lapangan Trirenggo (26/10/2009). Ketua Pelaksana Lomba Roket Air, Tri Saktiana mengatakan, siswa yang mengikuti lomba roket air tersebut akan diseleksi hingga mencapai 62 siswa untuk diikutkan dalam lomba roket air tingkat regional DIY. Selanjutnya akan dipilih siswa yang lolos ke lomba tingkat nasional.

Lomba tingkat regional DIY dilaksanakan 28 Oktober dan Kejuaraan tingkat nasional pada 29 Oktober, di lokasi yang sama, yaitu lapangan Trirenggo-Bantul. Juara pertama akan diikutsertakan dalam lomba roket air tingkat Asia Pasifik yang akan berlangsung di Thailand, pada Februari tahun depan.

Lomba ini adalah untuk kedua kalinya, diselenggarakan oleh Pusat Peraga Iptek Kementrian Riset (PPIptek) dan Teknologi dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul.

Staf PPIptek Kementrian Riset dan Teknologi, Yuliasih Dwi Rahayuningsih menjelaskan bahwa pelaksanaan lomba roket air tingkat nasional tersebut diikuti 46 peserta. Jumlah peserta itu,merupakan hasil seleksi dari tujuh kota yang mewakili regionalnya.

Tujuh kota yang menyelenggarakan lomba roket air sebelum mengikuti puncaknya di Bantul adalah Palembang (Sumsel), Pare- Pare (Sulsel), Semarang (Jateng), Jakarta, Solo Raya (Jateng), Yogyakarta dan Bantul.

Bantul dipilih sebagai penyelenggara lomba roket air karena Kota Geplak dinilai komitmen dan peduli terhadap dunia pendidikan, terutama dalam bidang teknologi kedirgantaraan. Hal ini dapat dilihat dengan dukungan yang positif pemkab Bantul terhadap pengenalan dunia kedirgantaraan kepada para pelajar.

Begitu pula dengan percobaan peluncuran roket dari LAPAN yang selalu dilaksanakan di Pantai Pandansimo, Bantul, yang rencananya berlangsung di Bantul pada Rabu (28/10/2009),” Kabag Publikasi dan Promosi LAPAN Rosaliza menjelaskan.***

(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar