Minggu, 01 November 2009

sejarah roket

Sejarah Roket

Roket sudah terkenal sejak zaman masa Tiongkok kuno dulu sebagai mercon untuk tujuan seremonial dan senjata.Belakangan mercon yang dikembangkan menjadi roket dijadikan sarana untuk membawa muatan dengan tujuan perang maupun damai.Bangsa Cina menciptakan mercon yang mampu melesat ke udara hingga membentuk kembang api raksasa di angkasa.Mercon menjadi bagian dari sarana seremonial keagamaan bangsa tersebut sejak zaman dahulu.

Pada masa perang,mercon berubah fungsi menjadi sarana peluncur panah api.Senjata ini antara lain digunakan tentara China atau Chin Tartar untuk menghalau serangan bangsa Mongolia yang dipimpin Kai Feng Fu pada tahun 1232.

Lewat jalur pedagangan,pengetahuan tentang pembuatan mercon itu sampai ke India.Ketika negeri gajah itu dijajah Inggris,senjata inipun berpindah tangan.Ditangan bangsa barat mercon dikembangkan jadi roket melalui serangkaian penelitian selama lima abad yaitu sejak abad ke13 sampai ke-18.

http://4.bp.blogspot.com/_LuJdhNOv-Nk/SHsK2zWbGlI/AAAAAAAAABk/ItVnvbAtloA/s320/hal11.jpg

Nama-nama ilmuan barat yang mempunyai andil cukup nyata dalam perkembangan roket diantaranya Robert Anderson.Ilmuan Inggris ini pada tahun 1696 membuat cetakan roket dan campuran bahan bakar Roket disebut propelan dengan kalkulasi yang cermat.Ilmuan Inggris lainnya mengembangkan Roket yang mampu melesat ke angkasa sejauh 274 kilometer lebih.

Di tangan bangsa Jerman,yang dimotori Hermann Oberth dan Wernher von Braun,roket menjadi senjata ampuh sebagai peluru kendali disebut Roket V-2 (Vergelstungswaffe Zwei)yang digunakan pada perang dunia II.Mereka juga merintis pengembangan roket sebagai wahana pembawa muatan.

Pasca-PD II dengan takluknya Jerman dan sekutunya,teknologi peroketan ini diboyong ke Uni Soviet dan Amerika Serikat.Ditangan Konstantin Tsiolkovsky,Uni Soviet kemudian berhasil meluncurkan roket pembawa satelit Sputnik ke orbit di ruang angkasa pada 4 Oktober 1957.

Satelit itu menyerupai bola basket berbobot sekitar 90 kilogram mengorbit bumi dalam waktu 98 menit.Keberadaanya diketahui masyarakat dunia lewat pancaran sinyal radio yang dipasang di wahana tersebut.

Peluncuran ini menandai Tahun Geofisika International yang dimulai 1 Juli 1957 hingga 31 Desember 1958,dengan target yang ditetapkan International Council of Scientifitic bahwa pada tahun itu satelit sudah dapat diluncurkan untuk memetakan bumi.

http://1.bp.blogspot.com/_LuJdhNOv-Nk/SHsEkJorzrI/AAAAAAAAABE/y0rYKjaCcXE/s320/hal12.jpg

Keberhasilan peluncuran satelit untuk pertama kali itu disusul peluncuran roket yang membawa Sputnik II wahana ruang angkasa berawak.wahana yang diluncurkan pada tahun 1961 membawa kosmonot Yuri Gagarin.Tak mau kalah dengan seterunya,Amerika Serikat kemudian menyusul dengan meluncurkan dan mengirim Apollo ke Bulan

Gambar Roket Saturnus V yang membawa pesawat Ruang angkasa Apollo 11,yang mencatat sejarah dengan awaknya bernama Neil Amstrong paling kiri,Michel Collins di tengah dan Edwin Aldrin paling kanan yang menginjakkan kakinya untuk pertama ke Bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar